Pantai Melur Batam

Pantai Melur Batam yang terletak di sisi barat Pulau Galang, di Barelang, Tanjung Pinang atau sekitar 45 km sebelah selatan Pulau Batam. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih di sepanjang pesisirnya. Nyiur di pantai ini melambai-lambai menambah indahnya susana pantai yang sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai dan mencari inspirasi.

Pantai Melur Batam

Pantai Melur Batam
Pantai Melur Batam ( sumber dari afdaltour )

Pantai yang menjadi salah satu andalan destinasi wisata Pulau Batam ini banyak dikunjungi wisatawan. Ini dikarenakan panorama pantainya yang luas, bersih,dan air pantainya yang jernih. Pantai Melur sangat cocok dan nyaman bagi Anda liburan di Batam sambil menghilangkan kepenatan dari kesibukan dan hiruk pikuknya suasana kota.

Sepanjang mata Anda memandang, luasnya hamparan pasir putih tersaji bersama gelombang kecil yang terombang ambing, nikmati juga angin sepoi-sepoi yang memanjakan Anda. Tidak hanya itu, pepohonan yang ada di Pantai Melur juga semakin menambah eksotisnya pantai ini.

Pantai ini bukan sekadar objek wisata bahari yang bisa dinikmati keindahannya. Akan tetapi, Pantai Melur juga memiliki cerita yang dapat Anda gali sendiri dari masyarakatnya secara langsung. Dahulu pengungsi Vietnam yang terkenal dengan sebutan Manusia Perahu, terdampar di Pulau Batam, kemudian mendirikan perkampungan di Pulau Galang sekitar 1 km dari Pantai Melur.

Keistimewaan lainnya Pantai Melur adalah pasir lautnya yang landai dan tidak berkarang, hal ini memungkinkan Anda berenang dengan aman hingga jarak 500 meter dari bibir pantai.

Titik masuk ke Provinsi Kepulauan Riau adalah dari kota Batam. Melalui Bandara Hang Nadim Batam di Batu Besar, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau Metro Trans (angkutan umum di Batam) dengan ongkos Rp3.000,00 sampai Rp5.000,00. Anda juga dapat naik taksi untuk menikmati perjalanan lebih santai atau menyewa mobil dengan biaya Rp500.000,00 per harinya belum termasuk bensin dan supir.

Pantai Melur berada di Pulau Galang, tak jauh dari kamp pengungsian manusia perahu asal Vietnam yang jaraknya dengan Pantai ini sekitar 1,5 km. Untuk menuju pantai ini dari Batam sudah ada jembatan Barelang yang menghubungkan antarpulau.

Untuk akomodasi, tidak perlu kawatir. Di Tanjung Pinang dan Batam terdapat banyak pilihan hotel dan penginapan yang bisa menjadi referensi Anda ketika berlibur ke Pantai Melur atau sekitar Batam. So, tinggal pilih sesuai keinginan anda!

Aktivitas

Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan berenang, bersantai di bawah rimbunnya pepohonan, berfoto, berjalan-jalan di atas hamparan pasir. Sambil menikmati segarnya udara pantai, kita bisa bermain voli pantai atau sepak bola.

Di sini Anda akan melihat lautan biru yang dihiasi pulau-pulau kecil. Pantainya landai berpasir putih halus dengan lebar 20-30 meter dan panjang 100-200 meter. Anda dapat duduk di bawah pohon cemara sambil minum air kelapa muda segar sebagai teman menikmati keindahan Pantai Melur dengan pasir putih dan panorama lautnya yang luas dan jernih.

Selain menikmati pantai yang indah, Anda juga bisa berjalan ke hutan di bukit-bukit sekitarnya. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untukmengunjungi daerah-daerah yang digunakan oleh pengungsi Vietnam di Desa Sijantung, Pulau Galang. Situs wisata ini terletak hanya 2 km dari Pantai Melur.

Tidak ketinggalan aktivitas penting dalam berwisata adalah, Kulinar. Ya!, anda bisa menikmati kuliner Pantai Melur ini. Berbagai jenis makanan laut seperti kepiting dan cumi-cumi tersedia di warung makan yang terletak di sekitar pantai. Beberapa warung makan juga menjual makanan khas Melayu dan minuman kelapa muda. Pengunjung juga dapat beristirahat di warung ini. Pantai Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *