Pantai Sorake Surganya Surfer di Nias

Pantai Sorake Surganya Surfer di Nias – Pantai dimana tempat banyak surfer melakukan hobby nya yaitu surfing (selancar). Pantai ini sangat populer di kalangan para peselancar. Ombaknya terbaik di dunian setelah Hawaii. Pantai Sorake terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, atau sekitar 125km sebelah barat Pulau Sumatera.

Perjalanan

Untuk menuju Pulau Nias melalui jalan laut , jarak yang harus di tempuh adalah ± 85 mil perjalanan laut atau ± 12 jam perjalanan laut dengan mengunakan kapal feri dari Kota Sibolga, Sumatera Utara menuju dermaga kapal Gunung Sitoli. Gunung Sitoli adalah satu-satunya kota terbesar di Pulau Nias.

Dari Gunung Sitoli menuju Kota Teluk Dalam memerlukan waktu ± 4 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Sedangkan perjalanan ke Pulau Nias menggunakan pesawat udara berangkat dari Bandara Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dari Bandara Polonia memerlukan waktu ± 1 jam untuk sampai di Bandara Binaka yang terletak sekitar 20 kilometer di selatan Gunung Sitoli, Pulau Nias. Dari Bandara Binaka, dapat menggunakan kendaraan sewa atau travel untuk perjalanan darat menuju Kota Teluk Dalam yang membutuhkan waktu ± 4 jam perjalanan.

Pantai Sorake Surganya Surfer di Nias

Meskipun tempatnya terpencil,namun tidak mengurangi niat para pengunjung untuk mengunjungi pantai ini.Banyak peseluncurdomestik yang datang ke pantai ini. Memang lebih tepatnya bila di katakan bahwa pantai ini adalah pantai untuk para peseluncur. Karena pantai ini memang terkenal dengan ombaknya yang dapat mencapai 3-5 meter.

Pantai Sorake Surganya Surfer di Nias
Pantai Sorake Surganya Surfer di Nias

Gelombang ombak yang tinggi pada pantai ini tidak terpengaruh oleh arah mata angin serta pasang surut air laut. Letak pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. ombaknya punya 5 tingkatan sehingga peselancar dapat melakukan atraksi dengan berbagai gaya disetiap tingkatan dan peselancar bisa menaiki ombak hingga mencapai jarak sejauh 200 meter karena memiliki karakter ombak yang panjang yang jarang ditemui dibelahan dunia manapun.

Uniknya di pantai ini tidak terdapat pasir yang melandai melainkan lebih banyak terdapat batu karang yang bertebaran hampir di seluruh pinggiran pantai. Tidak perlu berenang terlalu jauh untuk berselancar.Cukup dengan berenang sejauh 2 – 3meter dari tepi pantai dan tinggal menunngu ombak datang.

Pantai ini menjadi tempat untuk kejuaran internasioanl selancar setiap tahunnya. Kompetisi selancar kerap diadakan, baik yang bersifat lokal atau mancanegara. Nias Open adalah salah satu kejuaraan yang di selenggarakan di pantai ini, dengan di ikuti ratusan peselancar dari berbagai negara dengan pemenangnya di dominasi oleh peselancar dari Australia tiap tahun. Kejuaraan selancar ini biasanya diadakan oleh pemerintah setempat pada bulan Juni sampai Juli yaitu pada saat ombak sedang besar-besarnya. Pantai Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *